Indikator Empiris
SK : Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
KD : menerapkan induksi magnetic dan gaya magnet dalam produk teknologi
Indikator:
- Mendeskripsikan induksi magnetik pada kawat berarus
- Memformulasikan besar induksi magnetik pada berbagai bentuk kawat berarus dan hukum ampere
- Menerapkan persamaan hukum bio-savart dan hukum ampere dalam berbagai penghantar berarus
- Mendeskripsikan gaya magnetik (gaya Lorentz) yang terdapat pada kawat berarus didalam muatan yang bergerak
- Menerapkan induksi magnetic dan gaya magnetik dalam beberapa produk teknologi
Indikator KD | Tujuan Pembelajaran | Indikator Penilaian | Instrumen |
· Mendeskripsikan induksi magnetik pada kawat berarus · Memformulasikan induksi magnetic pada penghantar berarus listrik dan hukum ampere | 1. Siswa membuat rangkuman kemagnetan agar siswa mampu: a. Menjelaskan fenomena kemagnetan | 1.1 Menyebutkan cara membuat magnet | Pilihan ganda, isian singkat, uraian |
1.2 Menjelaskan dan menggambarkan cara membuat magnet | Uraian.isian singkat | ||
1.3 mampu menggolongkan bahan-bahan yang bersifat magnetic dan bahan yang bersifat non magnetic | Pilihan ganda, isian singkat | ||
1.4 menganalisis pola garis gaya magnet pada dua magnet yang berdekatan. Kutub utara arah medan keluar dan kutub selatan arah medan masuk | Isian singkat | ||
2. Siswa melakukan eksperimen untuk dapat: o Mendefinisikan gejala induksi magnetik o Menentukan arah induksi magnet disekitar penghantar berarus o Merumuskan persamaan induksi magnetic dari eksperimen | 2.1 Menyebutkan syarat terjadinya induksi magnetic dan gejala induksi magnetik | Pilihan ganda, isian singkat | |
2.2 menganalisis gambar yang menunjukan arah medan magnet | Pilihan ganda, isian singkat | ||
2.3 menganalisis arah induksi magnet disekitar kawat melingkar berarus listrik dari suatu gambar | Pilihan ganda, isian singkat | ||
2.4 menentukan arah induksi magnet pada penghantar dialiri arus dari suatu gambar | Pilihan ganda, uraian, | ||
2.5 menentukan arah induksi magnet disekitar kumparan berarus listrik dari gambar yang disediakan | Pilihan ganda, isian, benar salah, uraian, menjodohkan | ||
3. Siswa berdiskusi untuk dapat: Menentukan besar induksi magnet pada penghantar lurus, melingkar, dan kumparan berarus | 3.1 menghubungkan besaran-besaran pada persamaan induksi magnet | Pilihan ganda (5,6,7) | |
3.2 Menghubungkan besaran-besaran pada persamaan kuat medan magnet pada penghantar melingkar berarus | Pilihan ganda, uraian | ||
3.3 menuliskan persamaan dari gambar yang disediakan mengenai medan magnet pada kumparan berarus | Pilihan ganda, isian, benar salah, | ||
3.4 menentukan hubungan medan magnet dengan besaran yang diberikan bila besaran tersebut mengalami perubahan. | |||
3. Menerapkan persamaan hukum bio-savart dan hukum ampere dalam berbagai penghantar berarus | Menghitung besar induksi magnet pada: - penghantar lurus berarus - penghantar melingkar berarus - kumparan berarus (solenoid dan toroida) | 4.1 menghitung besar medan magnet pada penghantar lurus berarus listrik | Pilihan ganda, uraian |
4.2 menghitung besar medan magnet disekitar penghantar melingkar berarus pada jarak tertentu | Pilihan ganda, uraian | ||
4.3 menghitung besar induksi magnet pada solenoid bila diberikan data tertentu | Pilihan ganda, | ||
4.4 Menghitung nilai besaran lain dari persamaan induksi magnet pada solenoid (kumparan) bila diberi data tertentu | Pilihan ganda, | ||
5 Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus yang berada dalam medan magnet atau pertikel bermuatan yang bergerak dalam medan magnet. | Siswa bereksperimen untuk dapat: a. Memformulasikan gaya magnetik pada penghantar berarus b. Menerapkan gaya magnetic pada penghantar sejajar berarus c. Memformulasikan gaya magnetik pada muatan yang bergerak dalam medan magnetic | 5.1 Menuliskan persamaan gaya magnetic dari data yang diberikan | Pilihan ganda, isian singkat, benar salah |
5.2 Menuliskan hubungan dari persamaan yang diberikan mengenai gaya magetik didalam medan magnet | Pilihan ganda, benar salah | ||
5.2 Menentukan hubungan gaya magnet dengan besaran lain bila diberikan data | Pilihan ganda, | ||
5.3 Menentukan besar dan arah gaya magnet pada dua penghantar sejajar yang dialiri arus | Benar salah, pilihan ganda uraian | ||
5.4 Menentukan arah gaya induksi magnetic pada penghantar lurus | Pilihan ganda, benar salah, uraian, menjodohkan | ||
5.5 menghitung besar gaya magnetic pada jarak tertentu dari penghantar sejajar yang berada dalam medan magnetic | Pilihan ganda | ||
5.6 Menuliskan hubungan antara gaya magnetic dengan muatan | Pilihan ganda, benar salah | ||
5.7 menguraikan bentuk lintasan partikel bermuatan dalam suatu medan magnetic | Isian singkat, benar salah | ||
5.8 Menentukan persamaan yang berkaitan dengan muatan bila diketahui besaran lain | Pilihan ganda | ||
5.9 menentukan arah gaya medan bila diketahui arah muatan bergerak dan besar gaya | Pilihan ganda, uraian | ||
6 Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi. | - menyebutkan contoh aplikasi medan magnetik pada teknologi - menjelaskan prinsip kerja salah satu alat yang menerapkan medan magnet dan gaya magnet | 6.1 menyebutkan teknologi yang menerapkan induksi magnet dan gaya magnet | Benar salah, |
6.2 Menjelaskan salah satu prinsip kerja alat yang menerapkan gaya magnetic seperti motor listrik | Uraian | ||
6.3 Menyebutkan bagian-bagian dari alat yang menerapkan induksi magnet dan gaya magnet | Uraian |
by: Ani Nur'aini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar